Keistimewaan PJU Tenaga Surya Untuk Penerangan Yang Lebih Baik

jual PJU tenaga surya

PJU tenaga surya merupakan lampu penerangan yang menggunakan energi panas matahari sebagai sumber energi utamanya dan tidak mengandalkan dari energi listrik konvensional. Ciri instalasi listrik yang menggunakan energi surya atau energi matahari bisa Anda lihat dengan adanya panel-panel solar yang berbentuk lempengan datar dimana panel tersebut berfungsi untuk menyerap panas matahari sebanyak mungkin untuk kemudian dikonversikan menjadi energi listrik. Energi surya kini sudah mulai banyak digunakan di Indonesia sebagai pembangkit listrik alternatif karena energi surya adalah energi terbarukan yang tak terbatas jumlahnya, tidak menimbulkan limbah berbahaya, dan instalasi yang lebih mudah serta lebih murah. Untuk mengenal lebih jauh mengenai lampu PJU tenaga surya, berikut adalah hal-hal yang bisa jadi pengetahuan Anda. Harga PJU tenaga surya dan spesifikasinya bsia dilihat disini

Keuntungan menggunakan tenaga surya untuk penerangan

Jika dilihat dari intensitas cahaya penerangan, PJU tenaga surya tidak lebih terangnya dibandingkan dengan lampu yang menggunakan listrik konvensional, jika sama-sama menggunakan lampu berdaya Watt sama. Namun keuntungan menggunakan lampu tenaga surya sebagai prasarana penerangan adalah sebagai berikut:

  1. Daya tahan perangkat panel solar dan lampu LED yang lebih lama dan tidak harus sering diganti
  2. Tidak perlu instalasi jaringan kabel yang rumit karena sifatnya mandiri
  3. Tidak perlu ada galian listrik sehingga tidak merusak prasarana dan sarana lain
  4. Biaya perawatan dan operasional sangat murah dan mudah
  5. Mudah untuk dipindahkan.

Pengaturan jumlah lampu bisa disesuaikan

Pemasangan lampu tenaga surya bisa sangat disesuaikan dengan kebutuhan. Karena tidak harus saling terhubung dengan kabel, jarak antar lampu bisa Anda jauhkah atau dekatkan dengan lebih mudah tanpa harus menyesuaikan dengan jaringan kabel yang sudah terpasang. Ketinggian lampu biasanya berkisar antara 5 hingga 14 meter, berapa banyaknya jumlah lampu yang dibutuhkan tergantung dengan ketinggian tiang lampu, dan juga jarak yang ingin diciptakan antar lampu. Jarak antara tiang lampu satu dengan tiang setelahnya biasanya 15 meter hingga 40 meter. Tingkat intensitas cahaya lampu juga harus dipertimbangkan, makin besar daya Watt lampu yang digunakan makin luas cakupan penerangannya dan makin jauh pula jarak antara satu lampu dengan lampu lainnya.

Pemilihan warna cahaya lampu

Lampu jalan PJU tenaga surya biasanya menggunakan lampu dengan warna kuning atau putih, mana yang menurut Anda paling tepat untuk digunakan sebagai penerangan? Keduanya memiliki kriterianya sendiri-sendiri. Lampu dengan warna putih memang bisa memberikan penerangan yang lebih terang pada malam hari dibandingkan dengan lampu kuning, namun lampu berwarna kuning akan lebih bisa menembus kabut atau asap dibandingkan dengan warna putih. Lampu warna kuning yang lebih terlihat jika sedang atau hujan deras, ada kabut atau asap tebal membuat pengendara jadi lebih mudah untuk memperkirakan batas jalan apabila jarak pandangannya lebih terbatas.

Diukur dengan satuan lux

Ketika memilih perangkat lampu untuk lampu tenaga surya, Anda bisa melihat pada bagian ukuran lux-nya. Ukuran lux merupakan satuan yang biasanya digunakan untuk menentukan tingkat luminasi atau intensitas cahaya pada lampu tersebut. Untuk aplikasi satuan lux pada perangkat lampu jalan, biasanya dinyatakan dalam ukuran lux per jarak antara cahaya dengan alat ukur, dan rata-rata ukuran lux untuk lampu penerangan jalan adalah 15 lux/10 meter.  Ukuran intensitas cahaya ini juga bisa menjadi ukuran untuk menentukan ketinggian tiang lampu dan juga jarak antar lampu yang bisa disesuaikan dengan budget penerangan yang Anda miliki.

Agar lampu tenaga surya bisa lebih awet

Salah satu kelebihan dari instalasi lampu PJU tenaga surya adalah biaya operasional dan perawatan atau pemeliharaannya yang lebih murah. Agar lebih hemat lagi, Anda bisa menggunakan lampu LED yang memiliki karakter masa hidup hingga 50.000 jam. Selain itu jika dibandingkan dengan jenis lampu lain, dengan daya Watt yang sama maka lampu LED bisa memberikan penerangan yang lebih baik sehingga bisa lebih hemat energi. Harganya memang relatif lebih mahal, namun jika dihitung dengan masa hidup dan penggunaan energinya, menggunakan lampu LED untuk penerangan jalan justru lebih murah dan tidak harus sering diganti.

WhatsApp Whatsapp Us