Lampu Kolam Renang LED dan cara memilihnya

Lampu kolam renang LED – Kolam renang merupakan bangunan yang sengaja dibuat atau dirancang sebagai penampung air untuk aktivitas berenang maupun aktivitas air lainnya. Kehadiran kolam renang menjadi prestise sendiri bagi pemilik hunian. Meski demikian, masih jarang hunian modern yang menggunakan kolam renang pribadi di rumahnya. Biasanya kehadiran kolam renang dihadirkan di resort-resort, hotel-hotel, maupun tempat pemandian umum yang memiliki fasilitas kolam renang. Di dalam bangunan kolam renang yang digunakan itu, tentunya memiliki berbagai ornamen-ornamen untuk memberikan keindahan kolam renang. Salah satunya lampu kolam renang. Lampu untuk kolam renang digunakan sebagai penerangan di area sekitar kolam renang. Karena di beberapa hotel maupun prasarana umum lainnya memberikan layanan bagi pengunjungnya untuk berenang di waktu malam. Sehingga diperlukan penerangan saat berenang.

Ada beberapa jenis lampu kolam renang yang bisa didapatkan. Salah satunya adalah jenis lampu LED untuk kolam renang. Para pengelola kolam renang sebelum memilih dan mendapatkan lampu untuk kolam renang tentunya harus memperhatikan beberapa panduan dalam memilih lampu LED untuk kolam renang. Adapun untuk tipe-tipe kolam renang yang digunakan anda bisa mendapatkan seperti berikut.

Panduan untuk Memilih Lampu Kolam Renang Berjenis LED

jual lampu kolam renang LED

Sebelumnya, ada beberapa tipe lampu kolam renang yang bisa anda dapatkan. Ada 3 jenis lampu LED yang digunakan untuk kolam renang. Jenis itu merupakan poolnjacuzzi yang secara lighting dan pencahayaannya sudah mencukupi kolam renang anda. Seperti misalnya produk dengan standar IP68 yang berkategori underwater light merupakan jenis lampu yang tahan air dan kerusakan. Anda juga bisa menambahkan transformer yang memiliki ambience swimming pool. Fitur itu memiliki kemampuan untuk mengganti warna air kolam renang hanya dengan sentuhan jari saja. Untuk pengoperasiannya, anda gunakan remote yang besarnya 5 cm dengan ukurannya sama seperti kartu kredit.

Untuk kolam renang dengan ukuran 10 x 10 meter, anda harus membutuhkan lampu led yang jumlahnya tidak tentu. Mengapa bisa demikian? Karena anda harus melakukan perhitungan terlebih dahulu seperti bentuk dari kolam renang anda, di mana lokasi dan tujuan kolam renang yang akan dicapai cahayanya. Tentu saja, hal itu tidak bisa memastikan berapa jumlah lampu kolam renang yang dibutuhkan. Karena masing-masing kolam renang tentu berbeda, apabila tujuan anda memasang lampu adalah membuat kolam renang menjadi lebih cantik terutama di pelatarannya. Maka dari itulah, anda bisa menggunakan Lumens dan Watt.

Watt merupakan konsep lama dari penerangan. Lampu yang menggunakan sistem watt, pastinya ukuran wattnya yang besar akan lebih terang dibandingkan yang wattnya kecil. Di jaman sekarang, sebagian besar orang telah menggunakan lampu berjenis CFL yaitu compact fluorscent lampt/light. Ini merupakan jenis lampu dengan bentuk spiral dan juga tube. Teknologinya ini menggantikan teknologi Incandescent Lamp yang pernah dipakai para orang tua kita dulu. Bentuk dari lampu ini bulat. Sehingga akan terlihat rangkaian lampunya. Anda bisa menyebutnya dengan istilah bulb lamp atau bola lampu. Bola lampu berukuran 100 watt itu setara terangnya dengan lampu CFL yang berukuran 23 watt. Bila yang anda gunakan lampu LED, maka yang dibutuhkan untuk kolam renang cukup dengan 16 watt. Makin lama, energinya makin hemat dan intensitas cahayanya tetap. Karena memiliki fitur energy efficiency.

Sedangkan teknologi Lumens merupakan sebuah teknologi dalam pencahayaan yang memiliki tingkat kecerahan dari sebuah sumber cahaya. Sumber cahaya itu bisa didapatkan baik dari lilin maupun sinar matahari. Contohnya begini, ketika di siang hari saat cuaca cerah maka pandangan kita sangat jelas. Bahkan di tempat yang gelap pun masih mampu melihat detail dari suatu objek. Hal itu bisa diukur bahwa tingkat kecerahannya itu mencapai 10,000 lumens. Jika langit agak mendung, maka tingkat kecerahannya menjadi 5000 lumens. Bila anda memasang lampu CFL dengan ukuran 14 watt itu berarti setara dengan 800 lumens. Dengan demikian, untuk kebutuhan kolam renang anda, maka anda harus memasang lampu kolam renang dengan ukuran lumens sekitar 0,7 lumens per meter persegi. Setiap 100 meter persegi dari kolam renang lampu yang dibutuhkan berukuran 700 lumens. Dengan demikian anda bisa memilih 2 buah lampu LED LE 072 atau satu buah lampu LE 144.

Apabila anda masih ragu, silakan hubungi kami

WhatsApp Whatsapp Us