Jenis-Jenis Panel Surya Untuk Lampu Jalan PJU Dan Instalasi Listrik Lainnya

Jenis Panel Surya

Lampu jalan PJU tenaga surya kini sudah mulai banyak ditemui di tempat-tempat umum dan keramaian yang berguna sebagai prasarana penerangan fasilitas umum. Bagaimana orang awam bisa mengenalinya? Dilihat dari panel surya yang biasanya juga berada di dekat tiang lampu  baik diletakkan di atas menggunakan tiang juga atau diletakkan di atas permukaan tanah. Panel surya adalah elemen yang paling penting dalam instalasi listrik tenaga surya karena dengan sel-sel suryanya ia akan menangkap energi panas matahari kemudian diproses dan dikonversikan menjadi energi listrik yang lebih murah. Ada beberapa macam jenis panel surya yang saat ini digunakan di berbagai macam belahan dunia sebagai sumber energi alternatif. Berikut adalah jenis-jenis panel surya yang bisa digunakan untuk lampu PJU tenaga surya dan juga produk listrik lainnya.

Crystalline Silicone (c-Si)

Jenis panel surya yang paling umum saat ini adalah c-Si yang banyak digunakan untuk instalasi jaringan listrik energi matahari termasuk sebagai sumber listrik untuk lampu PJU tenaga surya. Jenis panel surya ini menggunakan bahan silikon untuk membuat sel-sel surya dan merupakan generasi pertama dari pengembangan panel surya di dunia. Crystalline Silicone dibagi lagi menjadi tiga jenis panel, yaitu:

  1. Monocrystalline Silicone (mono-Si) yang menggunakan bahan silikon bersel tunggal dan merupakan jenis panel surya yang paling efisien. Dilihat dari fisiknya, jenis panel ini memiliki permukaan berwarna gelap dengan model yang terpotong pada setiap sudutnya.
  2. Multicrystalline Silicone (multi-Si) yang ciri fisiknya bisa dilihat dari warna sel yang berwarna cenderung biru dan berbentuk persegi.
  3. Ribbon Silicone (ribbon-Si) adalah jenis panel surya yang saat ini sudah sangat jarang digunakan karena tidak memiliki pasar yang baik, dan perusahaan produsen utamanya mengalami kebangkrutan.

Thin Film Sollar Cell

Sesuai dengan namanya, panel surya ini terdiri dari lapisan-lapisan film yang tips sebagai penyusun panel suryanya. Masing-masing lapisan pembentuk panel solar memiliki ketebalan yang sangat tipis dan dihitung dengan ukuran nanometer hingga micrometer dan merupakan jenis panel surya generasi kedua yang digunakan untuk prasarana lampu tenaga surya dan instalasi listrik lainnya. Sel solar film tipis ini juga dibagi menjadi beberapa tipe, yaitu:

  1. Cadmium telluride (CdTe) yang merupakan jenis panel surya film tipis dengan tingkat efisiensi yang paling tinggi di kelasnya bisa mencapai 9-11%. Bahkan beberapa perusahaan produsen berhasil mengembangkan CdTe dengan efisiensi hingga 14%, makin tinggi efisiensinya maka makin hemat energi panel surya tersebut.
  2. Copper indium gallium diselenide (CIGS) dengan tingkat efisiensi energi rata-rata mencapai 10-12% .
  3. Amorphous thin film silicon (a-Si, TF-Si)  yang memiliki tingkat efisiensi energi paling rendah, rata-rata hanya 6-8% dan bahan silikon yang digunakan dinilai tidak aman untuk instalasi listrik lampu tenaga surya.
  4. Gallium arsenide (GaAs) adalah jenis panel surya yang harganya mahal dan umumnya digunakan untuk industri luar angkasa atau industri yang membutuhkan energi dalam jumlah besar, efisiensi panel surya ini bisa mencapai 28%.

Memilih panel surya yang paling pas sesuai kebutuhan

Jenis panel surya yang paling banyak digunakan di Indonesia termasuk untuk lampu PJU tenaga surya adalah jenis Crystalline baik yang mono atau yang multi. Untuk memilih jenis panel surya yang lebih tepat untuk kebutuhan listrik Anda, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan, yaitu:

  1. Dimensi panel surya

Dimensi atau ukuran panel surya yang dibutuhkan disesuaikan dengan banyaknya panel surya yang bisa dipasang pada ruang yang tersedia.

  1. Efisiensi panel surya

Tingkat efisiensi panel surya menentukan seberapa hematnya energi yang digunakan oleh instalasi tersebut. Angka efisiensi bisa dilihat pada modul spesifikasi, yang menunjukkan berapa banyak listrik yang bisa dihasilkan per luas permukaan, maka dari itu makin tinggi angkanya makin baik efisiensinya, namun tentu lebih mahal harganya.

  1. Layanan dukungan yang tersedia

Pilihlah perusahaan penyedia lampu PJU tenaga surya yang bisa memberikan pelayanan dukungan untuk berbagai masalah atau perawatan instalasi panel surya yang Anda pasang. Produk berkualitas tinggi dari perusahaan yang berkompetensi lebih bagus dibanding sekedar murah.

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami

WhatsApp Whatsapp Us